RSS

BASHIRAH

BASHIRAH
Oleh: Muh. Zuhal Ma’ruf
Dalam tulisan ini yang saya maksud dengan bashirah adalah tersingkapnya hijab sehingga mata batin bisa berfungsi, beberapa orang menyebutnya dengan mukasyafah, ada pula yang menyebutnya ma’rifat. Yang saya ceritakan adalah beberapa kejadian tentang tajamnya mata hati beberapa orang yang saya kenal dengan dekat. Untuk yang sudah meninggal akan saya sebut namanya langsung, sedangkan yang masih hidup-dengan beberapa pertimbangan- saya sebut inisialnya saja. Terus terang belakangan saya memang banyak mengandalkan apa yang disebut Metode Irfani dalam Epistemology Islam Al-Jabiri, terutama ketika menghadapi beragam klaim kebenaran oleh firqah-firqah yang ada dalam Islam. Tentu saja untuk ranking pertama saya tetap mengandalkan sumber hukum Islam yang disepakati, Al-Qur’an, Al-Hadits, Al-Ijma’ dan Al-Qiyas.>>> baca selanjutnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS